Tingkatkan Kesejahteraan Ibu Hamil dan Tumbuh Kembang Anak, Unjani Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

Sejumlah dosen Prodi Kebidanan Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Yogyakarta menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat bagi kader di Desa Triwidadi Bantul, Jumat, 10 Januari 2020. Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut diharapkan membawa manfaat bagi masyarakat terutama bagi kader. Kegiatan tersebut diikuti oleh dosen yaitu Tri Sunarsih, Endah Puji Astuti, dan Elvika Fit Ari Shanti dengan dibantu sekitar 8 mahasiswa serta seorang alumnus Prodi Kebidanan Aisyah Yogyakarta, Alief Nur Insyiroh Abidah., M.Keb.

Tahapan pengabdian ini dilakukan melalui koordinasi dengan bidan desa Triwidadi, Bidan Siti Toharoh dan Kepala Desa Triwidadi, Bapak Slamet Riyanto. Koordinasi dilakukan untuk merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan dasar bahwa Desa Triwidadi merupakan salah satu desa fokus stunting di Kabupaten Bantul. Pencegahan stunting dapat dilakukan mulai dari masa kehamilan melalui program 1000 HPK. Oleh karena itu tema besar pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah “Optimalisasi peran kader dalam upaya peningkatan kesejahteraan ibu hamil dan tumbuh kembang anak dengan metode continue of care”. Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan berlangsung secara berkesinambungan sebagai bentuk pendampingan kepada kader dan ibu hamil hingga anak berumur 2 tahun. Topik kegiatan pada pertemuan tersebut yaitu “Pemberdayaan Kader Dalam Upaya Meningkatkan Tumbuh Kembang Bayi Melalui Pelatihan Pijat Bayi”. Manfaat pijat bayi yaitu untuk mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan bayi, dengan memberikan stimulus gerak, raba dan kombinasi keduanya. Selain itu pada tahapan ini disepakati bahwa untuk melakukan pendampingan kepada ibu hamil akan melibatkan mahasiswa dan kader posyandu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *